2 Kunci Sederhana untuk mempertegas Brand (Merek) Anda

Merek yang hebat ada untuk sesuatu. Itu berarti jelas mempertegas merek Anda – tapi bagaimana Anda melakukannya?

Jenis usaha apapun entah kecil atau besar perlu tahu hanya dua hal sederhana untuk mempertegas sebuah merek usaha tersebut. Jadi mari kita mulai dengan yang pertama.

Aturan Nomor 1: Lebih baik menjadi jelas daripada menjadi pintar.

Mempertegas merek anda tidak perlu seperti membacakan puisi, tapi adalah memberikan kejelasan. Dan kejelasan adalah yang faktor sangat penting bagi merek anda. Setiap bisnis adalah merek, dan setiap bisnis dapat memperluas mereknya dengan memberikan kejelasan.

Berikan sebuah contoh bagaimana jelas lebih baik daripada pintar.
Anda pernah mendengar slogan dari sebuag merek yang berbunyi “Harga Selalu Rendah“? Slogan ini memang pintar tapi tidak inspiratif. Serendah apapun harga suatu barang akan tetap dianggap sebuah pengeluaran. Lalu harus bagaimana? Coba kita ganti dengan “Simpan Uang, Hidup Lebih Baik.” dan ketika seorang calon pembeli melihat slogan tersebut di sebuah merek dan melihat harga barang yang murah mereka akan segera berpikir bahwa mereka sudah menabung uang dengan membeli barang dengan harga yang murah.

Aturan Nomor 2: Lebih baik menjadi berbeda daripada menjadi lebih baik. (Dari sudut pandang merek.)

Sebagian besar konsumen kebanyakan mengambil keputusan dengan menentukan siapa yang lebih “baik.” Anda bisa saja menghabiskan miliaran rupiah mencoba untuk meyakinkan konsumen bahwa merek Anda adalah yang lebih baik melalui promosi, iklan dan menambah tenaga sales tapi apakah menghabiskan banyak uang untuk kegiatan marketing tersebut adalah cara yang lebih baik untuk mempertegas merek Anda? Suatu hari nanti jika ada kompetitor dengan kekuatan finansial yang lebih hebat dan mampu mengalahkan strategi marketing Anda, apakah Anda yakin masih akan memliki loyalitas dari konsumen Anda?

Contohlah Volvo atau Audi yang terkenal dengan “Safety Car” konsep yang selalu mereka usung disetiap produk mereka . Mereka selalu mencoba menerapkan filosofi mobil yang aman di setiap produk mereka dan itulah yang membuat mereka berbeda. Ini karena Pendiri brand tersebut menyukai mobil yang aman untuk dikendarai. Apakah mungkin mereka bisa bersaing dengan Mercedes atau BMW jika mereka mengatakan kepada konsumen bahwa produk mereka lebih baik daripada Mercedes atau BMW?

Salah satu cara mudah untuk memulai membuat perbedaan penting adalah berpikir tentang apa yang Anda benar-benar nikmati tentang bisnis Anda dan apa yang Anda sukai.

Agar efektif, Anda harus selektif, jadi mengapa tidak memilih apa yang Anda sukai? Peluang Anda untuk sukses secara otomatis akan meningkat karena Anda akan bekerja lebih keras untuk hal yang Anda sukai. Karena perbedaan lahir dari kerja keras.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s