Tanpa kemampuan ini Anda tak akan berhasil

Saya sering membaca profil CEO atau Presiden Direktur perusahaan-perusahaan dan profil perusahaan mereka hanya  untuk mencari tahu kemampuan atau keahlian atau skill apa yang memberikan kontribusi terbesar terhadap keberhasilan mereka.

Apa hasil temuan saya?

Keahlian untuk menjual. Tanpa keahlian yang solid dalam penjualan setiap pengusaha atau pegawai akan hampir mustahil untuk berhasil dalam bidang apapun.

Berikut alasannya. Untuk banyak orang, kata “menjual” berarti memanipulasi, menekan, membujuk …dan bahkan ada ungkapan yang populer yang berbunyi “dasar mulut sales”.

Tapi jika Anda berpikir tentang “menjual” sebagai suatu usaha menjelaskan logika dan manfaat dari sebuah keputusan, maka siapapun pun pasti akan membutuhkan keahlian menjual ini: Untuk meyakinkan orang lain bahwa ide yang kita tawarkan itu masuk akal, untuk menunjukkan kepada boss atau investor bagaimana sebuah proyek atau bisnis akan menghasilkan laba, untuk membantu karyawan memahami manfaat dari suatu proses baru, dll

Pada intinya, keahlian untuk menjual adalah kemampuan berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi sangat penting dalam setiap bisnis atau karir dan Anda akan belajar lebih banyak tentang bagaimana berkomunikasi dengan bekerja di bidang penjualan/sales atau mengerjakan tugas penjualan/sales daripada bekerja di bidang lain.

Menguasai keahlian untuk menjual akan membantu Anda memenangkan proses penawaran, membawa investor, penawaran distribusi dsb. Apakah Anda percaya bahwa ditahap awal membangun sebuah usaha atau bisnis semuanya melibatkan penjualan?

Memahami proses penjualan, dan bagaimana membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan atau user atau konsumen adalah sangat penting terlepas dari industri atau karir yang Anda pilih. Menghabiskan waktu dalam peran penjualan langsung merupakan investasi yang akan membayar dividen selamanya.

Berikut adalah beberapa manfaat yang Anda akan dapat jika Anda mencoba mengembangkan keahlian menjual:

Anda akan belajar untuk bernegosiasi

Setiap pekerjaan melibatkan negosiasi: Dengan pelanggan, dengan vendor dan pemasok, bahkan dengan karyawan. Wiraniaga belajar untuk mendengarkan, mengevaluasi variabel, mengidentifikasi apa yang menjadi pendorong usaha, mengatasi kesulitan dan akan berusaha menemukan cara untuk mencapai kesepakatan dalam bernegoisasi

Anda akan belajar untuk merampungkan segala sesuatu

Meminta apa yang Anda inginkan adalah terkadang sulit untuk dipenuhi oleh banyak orang. Merampungkan sebuah  penjualan adalah setengah seni dan setengah ilmiah. Membuat orang lain untuk setuju dengan Anda dan mengikuti arah Anda juga merupakan setengah seni dan setengah ilmiah. Penjual yang hebat tahu bagaimana merampungkan penjualan mereka. Boss-boss hebat bahkan bisa lebih hebat dalam merampungkan sebuah proses penjualan.

Anda akan belajar untuk menjadi tekun

Pengusaha bahkan karyawan sering kali mendengar kata “tidak” dalam hidup mereka. Seiring waktu Anda akan mulai melihat “tidak” sebagai tantangan, bukan sebagai penolakan. Dan Anda akan mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Anda akan belajar mendisiplinkan diri

Ketika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan besar Anda kadang-kadang hanya duduk manis di kantor dan masih mendapatkan bayaran. Tapi Ketika Anda bekerja untuk sebuah komisi dari sebuah penjualan maka pedoman yang harus Anda pegang adalah “Usaha kita menentukan pendapatan kita”.  Bekerja untuk sebuah penjualan adalah cara yang bagus untuk secara permanen menghubungkan titik-titik mentalitas antara kinerja dan penghargaan. Anda akan merasa kinerja Anda sesuai dengan hasil yang Anda terima.

Anda akan menemukan kepercayaan diri

Bekerja dalam sebuah proses penjualan adalah obat sempurna untuk rasa malu. Anda akan belajar untuk melangkah maju dengan percaya diri, terutama di bawah tekanan atau dalam krisis.

Masih belum yakin? Pikirkan ini: ketika Anda berada merasa terintimidasi atau tertekan Anda akan pasti mencoba melakukan tindakan untuk terlepas dari situasi tersebut. Sudah menjadi watak manusia untuk ingin lepas dari tekanan. Pilihan ada ditangan Anda, Anda bisa menyerah dan tak mendapatkan hasil atau Anda coba. Anda akan mendapatkan kepercayaan diri dan keyakinan diri dan yakinlah dengan kepercayaan diri, setelah Anda menjadi lebih percaya diri Anda akan melangkah jauh lebih baik kedepan.

Jadi jika Anda seorang suatu hari nanti ingin menjadi pengusaha, cobalah untuk bekerja di  bagian penjualan. Pemilik bisnis yang sukses menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan “menjual.”

Ini adalah investasi terbaik yang pernah Anda buat.

“Sales adalah suatu usaha menjelaskan logika dan manfaat dari sebuah keputusan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s