13 Kebiasaan yang dilakukan oleh Atasan yang luar biasa

Atasan yang luar biasa menggunakan beberapa kebiasaan dibawah ini untuk membawa pengaruh yang luar biasa kepada orang-orang di sekitar mereka.

Mungkin ini adalah seperangkat kebiasaan yang menentukan bagaimana pemimpin yang ideal berperilaku ketika keyakinan mereka selaras dengan hal-hal yang baik dan benar. Berikut adalah:1. Mereka lebih memilih untuk berkolaborasi daripada berdiri di atas pentas

Atasan yang luar biasa menyadari bahwa keberhasilan tidak hanya terpaut pada prestasi individu. Mereka memberikan sebuah definisi yang baru untuk apa yang kita kenal dengan kata “sukses”, sehingga kekayaan, kedudukan, dan ketenaran tidak lagi  penting. Mereka menyadari bahwa keberhasilan kelompok adalah sepenuhnya kontribusi yang konsisten dari prestasi individu-individu di dalam kelompok itu.

2. Mereka membangun sebuah komunitas bukan sekumpulan pasukan

Atasan yang luar biasa lebih fokus pada keinginan dan kebutuhan dasar bawahannya dan akan selalu berusaha bergerak dari apa yang ada sekarang ke apa yang mungkin. Ini menciptakan gelombang aktivitas dimana bawahannya akan ini diikutsertakan dan ingin membantu. Hal ini memungkinkan mereka untuk membantu mengatasi inti dari setiap permasalahan, untuk membantu membuat perubahan bisa terjadi.

3. Mereka menciptakan realitas baru

Atasan yang luar biasa menciptakan suatu keyakinan bahwa segala sesuatu itu mungkin terjadi. Semua orang yang pernah menghadapi tantangan yang menakutkan tahu betapa pentingnya untuk tetap berada di sekitar seseorang yang dapat memberitahukan apa yang tampaknya tidak mungkin tapi bisa saja terjadi baik dari sisi yang baik maupun buruk. Seseorang yang bisa membantu kita melihat sebuah harapan baru, memungkinkan bisnis membuat terobosan baru.

4. Mereka menertawakan masalah

Atasan yang luar biasa menggunakan humor yang sehat untuk mengubah kekhawatiran menjadi sebuah perspektif, sehingga kita bisa menertawakan masalah sebelum bekerja keras. Kemampuan untuk menceritakan lelucon yang tepat pada waktu yang tepat dapat mengurangi stres di kantor.

5. Mereka membantu bawahannya memvisualisasikan masa depan yang lebih baik

Atasan yang luar biasa tidak hanya memiliki visi ke depan. Mereka juga memiliki kemampuan unik untuk memahami keinginan dan kebutuhan orang lain dan menyalurkannya dengan tepat. Mereka mendengarkan  sebanyak mereka berbicara  dan dengan demikian menciptakan sebuah visi bersama yang memotivasi semua bawahannya, termasuk Atasan itu sendir. Mereka dapat menunjukkan dan mengantar kita ke suatu tempat yang  lebih baik dan memberi kita keberanian untuk sampai ke sana.

6. Mereka rajin menggali ide-ide baru

Atasan yang luar biasa selalu bersedia untuk menjadi  orang pertama yang melakukan ujicoba untuk memastikan bahwa proyek akan berhasil. Mereka mampu membimbing bawahannya ke sebuah teritori baru, tanpa memonopoli pusat perhatian.

7. Mereka menjadi mentor dan pelatih

Atasan yang luar biasa tahu bagaimana untuk mendengarkan dan memberikan nasihat yang baik pada waktu yang tepat. Karena mereka tahu bahwa mereka juga masih harus mengarungi bahtera kehidupan sama seperti bawahannya, mereka tahu bagaimana rasanya mengatasi hambatan dan tantangan yang berat. Yang paling penting, mereka bersedia melepaskan ketika Anda terlihat sudah kompeten untuk membuat keputusan sendiri tanpa mereka.

8. Mereka menggunakan cerita untuk menginspirasi

Atasan yang luar biasa tahu bahwa cerita yang bagus bisa membawa orang ke suatu tempat di mana Powerpoint belum tentu bisa. Mereka tahu bahwa cerita membantu orang memahami bagaimana masalah bisa dipecahkan. Mereka menggunakan cerita untuk menutup jarak yang diciptakan oleh voicemail, e-mail dan SMS di antara mereka dan bawahannya.

9. Mereka memadukan potongan gambar-gambar kecil menjadi utuh

Atasan yang luar biasa memiliki kemampuan untuk melihat sebuahsituasi dari berbagai sisi dan memungkinkan pihak-pihak yang sedang bermasalah untuk tidak hanya didengarkan tetapi ditanggapi. Atasan yang luar biasa dapat membentuk sebuah kelompok dan menemukan cara supaya setia individu  di dalam kelompok itu dapat bekerja sama. Mereka dapat menemukan cara mengiris kue dan membagikan kue yang baik sehingga walaupun irisannya tidak sama besar tapi setiap orang merasa diperlakukan dengan adil dan hormat.

10. Mereka mengatakan yang sebenarnya bahkan ketika mereka sedang merasa tidak nyaman

Atasan yang luar biasa tidak mengubah pikiran mereka hanya untuk menenangkan seseorang, meskipun mereka tidak menolak untuk menyesuaikan pendapat mereka jika itu akan memungkinkan konflik untuk bergerak ke arah penyelesaian. Mereka memperlakukan bawahannya sebagai orang dewasa yang dapat menerima kebenaran bukan menganggap bawahannya sebagai seorang anak kecil yang harus dilindungi dari kebenaran.

11. Mereka lebih dulu bertindak walaupun belum memilki semua solusi

Atasan yang luar biasa dapat mentolerir dan memoderasi masalah atau konflik yang mungkin saja muncul sebelum proses pemecahan masalah selesai. Mereka suka terlibat dalam argumen yang berat, sehingga memungkinkan masalah atau perbedaan pendapat harus diselesaikan lebih cepat sehingga proses bisa berlanjut

12. Mereka menciptakan iklim yang penuh kepercayaan

Atasan yang luar biasa mengetahui bahwa kepercayaan adalah lem mengikat orang-orang di dalam sebuah organisasi. Komitmen mereka untuk membangun kepercayaan menciptakan kekuatan untuk melawan penipuan dan permainan politik yang membuat kantor menjadi tempat yang tidak nyaman untuk bekerja.

13. Mereka menciptakan perdamaian

Atasan yang luar biasa tidak akan berat sebelah kepada satu kelompok atau individu melainkan bekerja untuk menjaga integritas dari seluruh sistem.  Mereka akan menekankan bahawa perdamaian adalah kondisi dan keadaan pikiran kita dan bahwa masih mungkin untuk menjadi bahagia bahkan di tengah-tengah kekacauan dan kekacauan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s