Dapatkah Anda menjelaskan Masalah yang Kompleks dengan Pernyataan yang Sederhana?

Ilmuwan yang baik dapat menjelaskan masalah yang kompleks dengan pernyataan yang kompleks. Ilmuwan terbaik dapat menjelaskan masalah yang rumit dengan kalimat yang sederhana.

Ada hal-hal yang kita bisa pelajari di kehidupan sehari-hari. Ada beberapa hal juga yang kita harus pelajari dengan membaca buku dan bahkan yang harus kita praktekkan dengan susah payah untuk membuktikan kebenarannya: dengan melakukan percobaan dari setiap kesalahan (trial anda error) dan malah dengan banyak percobaan dari banyak kesalahan (trials and errors).

Bagi saya, komunikasi antar individu (interpersonal) bisa menjadi salah satu hal di atas. Bagi kebanyakan orang sangat mudah berkomunikasi karena komunikasi hanyalah penggunaan kata-kata.

Mereka mungkin mengatakan itu mudah karena tidak memperhatikan seberapa cepat atau akurat kata-kata yang harus digunakan dan cukup hanya berkata-kata (keep talking) hanya untuk mempertegas bahwa komunikasi sedang terjadi. Inti dari komunikasi antar individu bukan ada di dalam kata-kata, tapi ada di dalam interaksi yang terjadi. Memang benar bahwa kadang-kadang kata-kata yang dipakai sangat mungkin meningkatkan interaksi, tapi intinya adalah selalu tentang menari bukan tentang berpose.

Tarian yang sederhana namun indah, akurat dan dengan ritme yang tepat (yang memadukan seni dan akurasi baik dari segi waktu dan tingkat kesulitan gerakan) dalam semenit akan mendapatkan antusias yang tinggi dari penonton (audience) daripada ratusan pose indah dalam semenit. Bagaimana menurut Anda?

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s