5 Aplikasi/Software brilian untuk Manajemen SDM

Masih banyak perusahaan skala kecil dan menengah yang masih melakukan manajemen SDM secara tradisional, jika perusahaan Anda salah satunya yang masih memakai kertas, log-book atau ingin beralih menggunakan teknologi artikel ini dapat membantu Anda. Mungkin sudah waktunya untuk membawa beberapa proses manajemen SDM abad ke-21 dimana teknologi menjadi penyokong vital. Anda bisa cek aplikasi dibawah – dan semua menawarkan harga yang cukup murah.Anda tidak perlu menggunakan jasa consultant IT atau mengontrak jasa Perusahaan IT atau bahkan merekrut programmer khusus (pikirkan cost). Pas-As-You-Go (bayar sesuai pemakaian) jauh lebih efisien dalam penggunaan operational cost (konsep IT yang lebih efisien untuk jaman sekarang ini)

Seiring berjalannya tahun dan berkembangnya perusahaan, HRD semakin dituntut melakukan penerimaan tenaga kerja dan untuk bagaimana Anda mengelola tenaga kerja (managing workforce) secara efisien. Melakukan promosi dagang dan berhasil menyebarkan berita tentang produk/jasa perusahaan Anda tidak akan banyak gunanya jika perusahaan Anda kekurangan tenaga kerja memenuhi permintaan pelanggan.

Untuk membantu Anda mengelola SDM dan melakukan kegiatan kerja yang menyangkut manajemen SDM saya sudah mengumpulkan beberapa aplikasi Web berguna yang harus ada di radar Anda:

1. Labor Time Tracker

Apakah perusahaan Anda benar-benar masih ingin menggunakan kertas di saat perusahaan Anda sudah memiliki website? Anehnya, masih banyak perusahaan berkembang yang masih menggunakan cara lama memakai kertas. Labor Time Tracker memungkinkan karyawan Anda menginput jam kerja mereka dengan kartu virtual (bukan kartu secara fisik). Satu keuntungan adalah bahwa Anda dapat melihat siapa yang login dan siapa yang logout untuk hari ini dan memonitor mereka. Situs ini mendukung rincian seperti lembur dan mendukung perbedaan zona waktu. Harga yang dipatok sekitar $ 4,95 /Rp. 40.000 per karyawan per bulan.

2. Elance

Bagi mereka yang ingin mendirikan sebuah perusahaan jasa, Elance akan sangat menolong. Anda dapat mencari kontraktor yang memiliki keahlian dalam desain grafis atau pemrograman, dan kemudian mempekerjakan mereka untuk proyek jangka pendek. Anda hanya meng-submit pekerjaan dan menunggu tawaran harga dari mereka. Anda bahkan dapat mengundang kandidat yang terlihat menjanjikan untuk menjadi bagian dari perusahaan Anda. Ada fitur messaging/chat di mana Anda dapat bertukar pesan dengan kandidat potensial dan melihat pekerjaan mereka sebelumnya. Elance juga dapat berguna bagi Jasa Rekrutmen untuk mencari expatriat yang ingin bekerja di Indonesia.

3. Trello

Trello sedikit berbeda. Yang menarik dari Trello yaitu fitur catatan tempel (sticky notes) disetiap proyek yang sedang berjalan dan yang lebih menariknya Trello mempunyai fitur khusus menambahkan karyawan dan kontraktor agar semua orang dapat melihat catatan dan melacak apa yang terjadi secara visual. Ini memungkinkan Anda memberikan tugas lain kepada karyawan Anda atau tiba-tiba ingin mengganti tugas karyawan Anda. Fitur yang dinamis.

4. TribeHR

Manajemen SDM menggunakan teknologi memang merupakan tantangan bagi perusahaan kecil, karena banyak aplikasi manajemen SDM yang cukup mahal. TribeHR mempunyai fitur-fitur untuk mengelola cuti, mengevaluasi kinerja, merekrut, struktur organisasi dan profil karyawan. Harga yang dipatok adalah $2 atau sekitar Rp. 20.000 per karyawan. Interface dari TribeHR adalah andalan yang ditawarkan: semuanya fitur mudah untuk diakses dan dipahami.

5. Do.com

Do.com adalah sebuah situs milik Salesforce.com. Anda dapat menetapkan tugas kepada karyawan Anda. Yang menarik adalah kemampuan untuk chatting/berdiskusi tentang tugas-tugas yang diberikan. Ketika Anda memberikan Akuntan Anda tugas untuk mengerjakan sebuah laporan biaya, Anda juga dapat meninggalkan catatan kepada Akuntan Anda untuk tambahan.

Konsep pay-as-you-go yang ditawarkan aplikas di atas sungguh menarik jika perusahaan Anda tidak ingin kerepotan membuat sistem manajemen SDM karena perusahaan Anda tidak diharuskan untuk merekrut programmer dan help desk untuk support karena biasanya harga yang perusahaan Anda bayar sudah termasuk dengan biaya bantuan teknis. Komentar?

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s