Konsep Teknologi Informatika Hijau (Green IT) untuk penghematan biaya

Anda akan segera melihat bagaimana virtualisasi, manajemen daya dan teknologi hijau lainnya dapat membantu perusahaan menghemat pengeluaran untuk biaya Teknologi Informatika secara signifikan.

Perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan Teknologi Informatika untuk menyokong kelangsungan bisnis mereka pasti pernah atau bahkan masih bergelut dengan pengeluaran (expense yang besar untuk menunjang ketersediaan Teknologi Informatika mereka.
Tapi dengan konsep Teknologi Informatika Hijau atau Green IT membantu bisnis menghemat puluhan juta bahkan ratusan juta setiap tahun. Berikut adalah delapan cara untuk memulai.

1. Gunakan perangkat lunak virtualisasi (virtualization)

Mungkin ruang server perusahaan Anda dipenuhi dengan server yang kurang dimanfaatkan. Dalam berbagai macam kasus didapati departemen IT condong membeli lebih dari yang mereka butuhkan. Menggunakan perangkat lunak virtualisasi akan sangat membantu departemen IT mengoptimalkan pemakaian server. Virtualization atau virtualisasi pada dasarnya adalah perangkat lunak (software) yang merubah server menjadi mesin virtual (server di dalam server) memungkinkan departemen IT dengan mudah memindahkan aplikasi bisnis dari satu server ke yang lain jika salah satu mendapat kelebihan beban. Dengan mengurangi pembelian server yang nyata perusahaan Anda sudah mengurangi Pembelanjaan Modal (Capital Expenditure) serta mengurangi Pembelanjaan Modal (Operational Expenditure) dalam hal biaya perawatan server.

Yang menarik adalah bahwa bukan saja perusahaan Anda mengurangi jumlah teknologi yang Anda gunakan dan mengurangi konsumsi daya, tetapi Anda benar-benar meningkatkan keandalan sistem informasi. Virtualisasi perangkat lunak untuk usaha kecil, seperti vSphere VMware dapat menelan biaya dari sekitar $1.000 sampai $3.700.

2. Tunjukkan tagihan listrik kepada Departemen IT

Ada baiknya sebelum tagihan listrik sampai ke meja Direktur Keuangan untuk pembayaran, tagihan listrik dilihat oleh manager IT dan tenaga ahli IT di perusahaan Anda. Ini untuk menciptakan kesadaran (awareness) dalam pemakaian listrik karena IT adalah salah satu pengguna terbesar.

3. Opsi untuk Tukar tambah

Komputer jaman sekarang biasanya 40 persen sampai 50 persen lebih efisien daripada komputerbeberapa tahun yang lalu dalam hal pemakaian energi. Sebaiknya perusahaan Anda membeli komputer yang berbasis untuk Energy Star-rated karena teknologi Energy Star-rated diklaim memiliki tingkat efisiensi sampai 85 persen. Mengganti komputer desktop dengan laptop yang menggunakan prosesor dengan tegangan sangat rendah akan menghemat listrik lebih banyak.

Tentu saja, membuang komputer lama memiliki tantangan tersendiri. Proses daur ulang untuk elektronik bukanlah industri yang berkembang dengan baik dan ada beberapa penyedia jasa daur ulang tidak benar-benar mendaur ulang dan bahkan membuang komputer lama tersebut di negara lain yang masih memiliki ketersediaan lahan untuk dijadikan kuburan elektronik. Perusahaan besar pembuat komputer kebanyakan menawarkan pilihan daur ulang. Dell, misalnya, menawarkan proses daur ulang bagi pelanggannya secara gratis atau pilihan untuk menyumbangkan komputer amal. Jadi sebaiknya perusahaan Anda berlangganan komputer kepada Perusahaan pembuat komputer yang menawarkan opsi tukar tambah.

4. Hindari screen saver

Kesalahpahaman terbesar tentang screen saver adalah bahwa ini menghemat daya. Tidak sama sekali. Bahkan, dengan menggunakan screen saver sebenarnya dapat mengkonsumsi lebih banyak listrik. Ada baiknya perusahaan Anda menerapkan kebijakan IT untuk menggunakan opsi “Sleep Mode” jika komputer tidak digunakan dalam beberapa menit.

5. Mengambil alih komputer

Menurut penelitian, hanya sekitar setengah dari total pegawai yang mematikan komputer mereka ketika meninggalkan kantor pada malam hari. Perusahaan Anda bisa memakai teknologi yang dapat mematikan komputer di malam hari jika komputer tersebut dibiarkan hidup. Teknologi ini disediakan oleh perusahaan seperti Verdiem, 1E, dan Faronics, teknologi tersebut dapat memastikan bahwa tidak ada dokumen yang hilang ketika mesin tersebut dimatikan.

6. Kurangi intensitas cahaya monitor

Monitor komputer kebanyakan secara default diatur untuk memberikan penerangan yang maksimum, yang menggunakan sekitar dua kali energi sebanyak satu dimmest (satuan). Peredupan layar sedikit menurunkan penggunaan listrik serta mengurangi kelelahan mata.

Gunakan Extension Block untuk Listrik (Power strip)

Bahkan ketika mereka dimatikan alat elekronik seperti speaker komputer dan scanner masih menarik listrik dari stop kontak. Ketika peralatan tersebut tidak digunakan, Anda hanya tinggal menekan tombol switch off di power strip tersebut.

Jangan lupakan printer

Banyak perusahaan meninggalkan printer hidup pada malam hari dan selama akhir pekan. Sesuaikan pengaturan sehingga printer secara otomatis akan mati ketika mereka tidak digunakan. Sebaiknya pemilik usaha mendorong karyawan mereka untuk mencetak pada kedua sisi kertas. Tidak hanya akan membantu menyelamatkan beberapa pohon, tetapi akan menghemat biaya kertas.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s